Bagian-Bagian/Unsur-Unsur Bundar Dan Penjelasannya

Unsur-unsur Lingkaran - Ada banyak macam dan bentuk dari bangkit datar dan tiap-tiap bangkit datar tersebut memiliki unsur unsur yang membentuk dan membangunnya. Lingkaran ialah salah satu dari sekian banyak bangkit datar.  Lingkaran memiliki bab penggalan yang menjadi pembentuk bulat itu. Bagian bab sebuah lingaran antara lain jari-jari, diameter, titik pusat, busur, tembereng,  tali busur, juring, apotema, sudut sentra dan sudut lingkaran. Agar lebih terperinci mengetahui bentuk dan wujud unsur unsur sebuah bulat silahkan lihat gambar di bawah ini.

 Ada banyak macam dan bentuk dari bangkit datar dan tiap Bagian-bagian/Unsur-unsur Lingkaran Dan Penjelasannya


Pada klarifikasi di bawah ini kami akan mempersembahkan klarifikasi dari masing-masing unsur tersebut sehingga nantinya kita sanggup lebih memahami unsur  pembentuk sebuah lingkaran. Silahkan engkau lihat uraian diberikut ini :

Unsur-Unsur Pembentuk Bangun Datar Lingkaran


Titik Pusat

Titik sentra pada bulat ialah sebuah titik yang terletak sempurna ditengah-tengah lingkaran. Pada gambar di atas titik sentra lingkarannya terletak di karakter O.

Jari-jari

Garis OC, OD, OB dan OA pada gambar di atas ialah jari jari lingkaran. Jari jari bulat yaitu garis yang menghubungkan titik sentra bulat dengan titik pada keliling lingkaran.

Diameter

Garis AB dan CD pada gambar diatas di sebut garis tengah atau diameter lingkaran . Diamater yaitu panjang garis lurus yang menghubungkan dua titik pada keliling bulat yang melalui titik sentra lingkaran. Dari hal ini kita sanggup mengambil kesimpulan yaitu jari-jari bulat memiliki nilai setengah dari diameter atau diameter memiliki nilai dua kali jari-jari. Sehingga sanggup di tulis d = 2r.

Busur

Garis lengkung AC, CB, BD, AD pada gambar di atas disebut dengan busur lingkaran. Busur bulat yaitu garis lengkung yang menjadi bab dari keliling bulat . Busur terbagi menjadi dua yaitu busur kecil dan busur besar. Disebut busur kecil kalau panjangnya kurang dari setengah bulat dan disebut busur besar kalau panjangnya lebih dari setengah lingkaran.

Tali Busur 

Garis AD yaitu teladan tali busur lingkaran, tali busur yaitu ruas garis lurus yang menghubungkan dua titik pada keliling bulat dan tidak melewati titik sentra lingkaran. Jika kita ibaratkan maka tali busur umpama tali pada busur panah.

Tembereng

Tembereng ialah kawasan yang di dalam bulat yang di batasi oleh tali busur dan busur lingkaran. Pada gambar di atas tembereng di batasi oleh busur AD dan tali busur AD.

Juring

Juring ialah kawasan yang di batasi oleh dua garis jari-jari dan sebuah busur bulat yang posisinya diapit oleh dua buah jari-jari tersebut. Pada gambar di atas kawasan yang dinamakan juring sebagai teladan yaitu kawasan yang di warnai hijau yaitu juring BOC. Juring terbagi menjadi dua yaitu juring besar dan juring kecil.

Apotema

Garis OF pada gambar di atas disebut apotema, yaitu jarak terpendek antara tali busur dengan titik sentra lingkaran. Garis apotema tegak lurus dengan tali busur.

Sudut Pusat

Pada gambar di bawah ini, Sudut sentra yaitu sudut yang terbentuk dari perpotongan dua buah jari-jari (OA dan OB) di titik sentra lingkaran. Sudut yang terbentuk antara titik A, O, dan B ialah sudut sentra bulat yakni ∠AOB.

 Ada banyak macam dan bentuk dari bangkit datar dan tiap Bagian-bagian/Unsur-unsur Lingkaran Dan Penjelasannya

Sudut Keliling

Sudut keliling pada lingkaran yaitu sudut yang terbentuk oleh pertemuan antara dua tali busur pada satu titik di keliling lingkaran. Jika engkau perhatikan gambar di atas tali busur AC dan tali busur BC yang bertemu di titik C dan membentuk sudut keliling ACB. 


Demikian pembahasan wacana unsur-unsur bulat biar bermanfaa dan menambah pengetahuan kita tiruana. ()

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembahasan Satuan Panjang Lengkap, Tangga Konversi, Urutan Dan Pola Soal

1 Kg Berapa Gram? 1 Gram Berapa Kg? Berikut Balasan Lengkap Dan Penjelasannya

Sudut Lancip : Pengertian, Pola Benda, Cara Menggambar Lengkap