Pembahasan Satuan Panjang Lengkap, Tangga Konversi, Urutan Dan Pola Soal

Satuan panjang ialah salah satu satuan terpenting dalam Matematika, yang nantinya juga akan berkhasiat dalam pengukuran dalam bidang Fisika. Penggunaan satuan untuk mendeskripsikan panjang suatu benda atau objek di tiap-tiap negara sanggup tidak sama-beda. Ada yang memakai sistem Satuan Internasional beserta turunannya yang termasuk sistem CGS, serta ada yang memakai satuan lainnya yang tidak masuk dalam turunan SI.

Setiap satuan panjang, baik turunan ataupun tidak, sanggup dikonversikan terhadap satuan panjang lainnya. Penjelasan terkena satuan panjang akan diinformasikan lebih lanjut dibawah ini yang akan dimulai dengan klarifikasi terkena satuan SI, tangga konversi, satuan lain serta konversi untuk satuan lain dan keduanya.

Satuan SI dan turunannya

Satuan panjang dalam sistem internasional yakni meter. Satuan internasional berarti bahwa satuan tersebut menjadi satuan umum yang dipakai dan sudah melalui persetujuan internasional. Meter sendiri ialah definisi dari hasil jarak yang ditempuh cahaya dari ruang hampa selama sepersekian detik. Meter mempunyai simbol m. Turunan dari satuan ini yakni yang termasuk dalam sistem cgs, yaitu centimeter. Hampir tiruana negara di dunia memakai satuan meter untuk mendefinisikan panjang.

Turunan dari meter termasuk km, hm, dam, cm dan mm. keseluruhan turunan akan dibahas di bawah ini.

Tangga Konversi Pengukuran Satuan Panjang Matematika

 ialah salah satu satuan terpenting dalam  Pembahasan Satuan Panjang Lengkap, Tangga Konversi, Urutan dan misal Soal
via soal-2000.blogspot.com

Tangga konversi dipakai untuk megampangkan dalam mengonversikan antar satuan panjang. Sebelum memulai tangga konversi, terlebih lampau untuk mengetahui urutan satuan panjang.

Urutan satuan panjang: km → hm → dam → m → dm →cm→mm


1 km
10 hm
1 km
1000 m
1 km
100000 cm
1 km
1000000 mm
1 m
100 cm
1 m
0,1 dam
1 m
0,001 km
1 m
10 dm
1 m
1000 mm

Terdapat 7 satuan dari ukuran besar sampai ukuran terkecil. Untuk mengonversikan satuan, setiap turun satu tangga dikalikan dengan nilai 10. Sedangkan untuk konversi dalam satuan yang nilainya lebih besar yaitu dengan menaiki tangga, maka setiap naik satu tangga harus dibagi dengan nilai 10.

Untuk lebih jelasnya, diberikut pola konversi

1 km = 10 hm
1 km = 100 dam
1 km = 1000 m
1 km= 100000 cm
1 m = 100 cm
1 m = 1000 mm

Berikut ini ialah pola konversi naik

1 m = 0,001 km
1 cm= 0,01 m
100 m= 0,1 km
1000 cm= 10 m

Konversi tersebut ialah pola pengonversian dalam satuan panjang berbasis satuan internasional beserta turunannya. Untuk bilangan yang tidak sama dan dalam penghitungan selanjutnya, caranya pun sama.

Satuan lain untuk panjang

Selain satuan internasional beserta turunannya, ternyata ada pula satuan lain untuk mendefinisikan panjang. Setidaknya ada empat satuan panjang lainnya yang dipakai untuk pengukuran panjang. Keempatnya yakni mil, yard, inci dan feet (kaki). Amerika dan Inggris menjadi negara yang paling sering memakai satuan tersebut untuk mengukur panjang suatu objek maupun jarak.
Keempatnya akan dibahas secara terperinci sebelum menuju ke konversi.

Mil dalam Bahasa Inggris ditulis sebagai mile. Satuan ini ialah satuan untuk definisi jarak dan panjang di Inggris. Satuan ini mempunyai standarisasi meter, yaitu sebanyak 1609,344 meter. Setiap satu mil juga sama dengan 5280 kaki (feet) serta setara dengan 1760 yard.

Yard sering ditulis juga sebagai yd. Sama ibarat mil, yard ialah satuan unit panjang yang dipakai oleh Inggris, bahkan semenjak zaman kekaimasukan Inggris. Negara lainnya juga sering memakai yard sebagai satuan yakni Amerika. Setiap satu yard yakni setara dengan 0,9144 meter. Standarisasi ini ialah hasil dari perjanjian internasional yang disahkan tahun 1959. 1 yard juga mempunyai kesetaraan dengan 3 feet atau kaki.

Inchi atau inci biasanya disingkat sebagai in. Inci biasanya ditetapkan dengan tanda “ setelah angka di depannya. Sejarah perkembangan satuan inci ialah sejarah pengukuran yang sangat panjang. Unit inci diambil dari bahasa Romawi “uncia”. Kerajaan Inggris dan Amerika ialah dua negara yang memakai unti ini dalam sistem pengukuran. Setiap satu inci mewakili 2,54 cm. nilai tersebut juga setara dengan 1/12 kaki.

Yang terakhir dari satuan lain untuk unit panjang yakni kaki atau dalam Bahasa Inggris disebut feet. Ejaan untuk bentuk tunggalnya yakni foot. Satuan ini juga sama ibarat satuan sebelumnya, yaitu dipakai di Inggris dan di Amerika. Setiap satu kaki distandarkan sama dengan 0,3048 meter. Kesepakatan standarisasi inci ini ialah kesepakatan internasional pada tahun 1959. Sejak ketika itu pula standar tersebut berlaku secara global.

Konversi satuan lain

Dalam pembahasan sebelumnya, sudah disebutkan beberapa dasar persamaan yang setara dengan setiap satu unit yang sedang dibahas. Untuk konversi dalam bilangan yang tidak sama, tinggal mengalikannya.


misal Soal Konversi Satuan Panjang:


misal 1: Konversi dari 30 yard ke kaki

Jawaban: diketahui bahwa setiap 1 yard setara dengan 3 kaki. Berarti untuk menjawabannya tinggal mengalikan dengan angka 3. Sehingga akan diperoleh 30 x 3 = 90 kaki.
Ini artinya bahwa 30 yard sama dengan 90 kaki.

misal 2: Konversi 6 mil ke kaki

Jawaban: diketahui bahwa setiap 1 mil mempunyai nilai yang sama dengan 5280 kaki. Untuk menghitung konversi tersebut, tinggal mengalikan nilai mil dengan 5280. Sehingga akan diperoleh 6 x 5280 =31680 kaki.
Hasilnya yakni 6 mil sama dengan 31680 kaki.

Baca juga: 1 inch berapa cm? Berikut Jawaban dan Penjelasan Lengkapnya.

Konversi beda satuan

Konversi diberikut ini ialah konversi antar satuan, yaitu satuan yang termasuk satuan sistem internasional beserta turunannya dengan satuan lain yang sudah dibahas sebelumnya. Dalam klarifikasi terkena satuan unit lain untuk panjang diatas, sudah dibahas beberapa satuan yang mempunyai nilai yang setara dengan satuan international untuk unit panjang, meter. Untuk menghitungnya, ibarat perhitungan diatas, yaitu dengan mengalikan. Kali ini, akan dibahas lebih lanjut terkena konversi ini melalui pola konversi.

misal Soal Konversi Satuan Panjang 2:


misal konversi 1: 2 mil ke ukuran km

Jawaban: ibarat yang sudah dijelaskan diatas, setiap 1 mil mewakili 1609,344 meter. Untuk menghitungnya, sanggup dengan mengonversikan meter ke km kemudian kemudian dikalikan, ataupun sebaliknya. Sebagai pola yakni akan dikonversikan terlebih lampau. 1609,344 m sama dengan 1,609344 km. Untuk menghitung 2 mil spesialuntuk perlu dikalikan saja, yaitu 2 x 1,609344km yang akan menghasilkan nilai 3, 218688 km sebagai jawabanannya.

misal konversi 2: 60 inci ke meter

Jawaban: diatas sudah disebutkan bahwa setiap 1 inci setara dengan 2,54 cm. Untuk mengukur biar setara dengan satuan meter, sanggup dikalikan dengan satuan cm tersebut. Sesudah itu, gres dikonversikan menjadi meter. melaluiataubersamaini demikian, perhitungannya yakni 60 x 2,54 = 152,4 cm. bilangan ini dikonversikan menjadi meter, yaitu dengan dibagi 100. Sehingga akan diperoleh hasil dari 152,4 : 100 yakni 1,524 meter.

Sehingga 60 inci setara nialinya dengan 1,524 meter. Untuk konversi selanjutnya sanggup memakai metode yang sama.

Baca juga: 1 meter berapa cm? Berikut Jawabannya Lengkap.

Selain kedua jenis satuan unit panjang tersebut, bekerjsama masih banyak satuan panjang yang ada didunia ini. Namun kalau berdasarkan ilmu Matematika secara akademik, spesialuntuk keduanyalah yang paling berkhasiat dan lebih banyak dipakai nantinya.

Ada pula pengukuran lain untuk ukuran panjang dengan skala yang jauh lebih besar. Untuk panjang dengan skala yang lebih besar dipakai satuan AU dan satuan cahaya. Namun keduanya spesialuntuk berlaku pada ilmu Fisika, khususnya pada cabang ilmu Astronomi.

melaluiataubersamaini pemahaman fundamental terkena konsep panjang, majemuk satuannya serta cara mengonversikannya, dibutuhkan akan menjadi bekal untuk bahan selanjutnya. Bagi kaum awam, pengetahuan ibarat ini juga harus dipahami alasannya yakni sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Setidaknya untuk masyarakat Indonesia, mengetahui satuan panjang dalam sistem internasional beserta turunanannya yakni suatu keharusan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

1 Kg Berapa Gram? 1 Gram Berapa Kg? Berikut Balasan Lengkap Dan Penjelasannya

Sudut Lancip : Pengertian, Pola Benda, Cara Menggambar Lengkap